"Total Mendampingi Belajar Siswa"
   
     
 
 
 
 
Release


13/06/2012 (09:26)
PEMBAHASAN SOAL SNMPTN 2012

Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan merupakan salah satu jalur SNMPTN yang diharapkan mampu memprediksi keberhasilan calon mahasiswa menyelesaikan studi tepat waktu di perguruan tinggi. Ujian tertulis menggunakan soal ujian yang dikembangkan sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan validitas, tingkat kesulitan, dan daya pembeda yang memadai. Disamping itu, soal SNMPTN dirancang untuk mengukur kemampuan umum yang diprediksi menentukan keberhasilan calon mahasiswa di semua program studi, yakni kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking), yang meliputi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bidang Studi Dasar, Tes Bidang Studi IPA, dan Tes Bidang Studi IPS. Ujian Keterampilan dilakukan untuk mengukur kemampuan dalam bidang ilmu Seni dan Keolahragaan.

Selama 2 hari, 12 dan 13 Juni 2012 Primagama melakukan pembahasan  soal-soal SNMPTN 2012, ini sebagai bukti bahwa Primagama memberikan layanan maksimal kepada masyarakat luas, tidak hanya kepada para siswa Primagama saja.
Maksud penulis, pembahasan ini bisa digunakan untuk cros cek jawaban bagi para peserta SNMPTN dan mengukur kemungkinan mereka nanti bisa lolos dan lulus pada PTN idaman masing-masing. Karena dengan mengetahui kunci jawaban, maka skor bisa dihitung sendiri dan kemudian di sesuaikan dengan passing grade PTN atau program studi yang sudah mereka pilih. Walau semua masih dalam bentuk prediksi namun rasa penasaran tentunya akan sedikit terjawab.

Perlu juga kiranya kita simak apa yang disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud),  di Jakarta kemarin, Bapak Mohammad Nuh memastikan ada ratusan ribu siswa bakal tak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) jalur ujian tulis. Hal itu terjadi lantaran jumlah pendaftar jauh lebih tinggi dibandingkan daya tampung SNMPTN 2012.

"Saya pastikan akan ada banyak siswa yang tidak lolos SNMPTN. Mau tidak mau, tapi itu pasti terjadi," kata Nuh saat melakukan inspeksi mendadak di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Selasa (12/6/2012).

Bapak Mohammad Nuh menjelaskan, secara nasional pendaftar SNMPTN mencapai 618.804 ribu. Sedangkan daya tampungnya jauh lebih kecil, hanya sekitar 150 ribu. Dapat diartikan, hampir 500 ribu peserta SNMPTN yang tidak lolos.
"Yang belum berkesempatan diterima jangan berputus asa. Jumlah yg gagal jauh lebih banyak, masih ada kesempatan melalui jalur mandiri, atau politeknik dan perguruan tinggi swasta," ujarnya.

Akhirnya, kita semua hanya bisa berdoa semoga persaingan yang fair dan obyektif lewat jalur tulis ujian SNMPTN merupakan bentuk keadilan bagi semua calon mahasiswa untuk masuk  ke PTN di seluruh Indonesia.

Primagama ikut bangga bisa mendampingi putra putri negeri ini untuk masuk ke PTN yang diimpikan, sekaligus mengucapkan terima kasih atas kepercayaan  masyarakat, sekolah dan para mitra, orang tua dan semua pengguna jasa Primagama. Kami akan terus berbenah sebagai bagian dari bentuk konsekwensi  Primagama yang menjadi pilihan utama pelajar Indonesia.
Bagi yang menginginkan soal dan pembahasan (Kode Soal 724) silahkan klik menu download di web resmi Primagama, www.primagama.co.id.

Penulis : Gunadi Pg (Divisi Marketing)
Sumber :
1.    http://edukasi.kompas.com/Persaingan.SNMPTN.Tahun.Ini.Sangat.Ketat
2.    http://www.snmptn.ac.id.: SNMPTN 2012 Jalur Ujian Tertulis


Cari Alamat Kantor Primagama seluruh Indonesia



  • LATEST RELEASE
  • 11/04/2014 (16:28)
    Tolok ukur keberhasilan brand dalam menguasai pasar terlihat jelas pada Top Brand Kids & Teens tahun ini. Ada brand yang melesat meninggalkan kompetitor, ada juga yang sudah berlenggang di  langit  kemenangan selama beberapa tahun belakangan. Hanya brand yang mampu memahami kebutuhan mereka dan kualitas produk dan layanan yang baiklah yang menjadi pemenang. Kedinamisan dalam pergerakan merek selalu mewarnai Top Brand. Hal ini menunjukkan persaingan di industri semakin ramai. Salah satunya adalah kategori Bimbingan Belajar. Keterbatasan orang tua dalam membimbing anaknya untu ... .
  • LATEST NEWS
  • 21/04/2014 (16:13)
    Situs "Belajar di Jepang" bekerja sama dengan PT JTB Indonesia mengadakan tur keliling 10 perguruan tinggi paling top di Jepang, di antaranya Tokyo University, Waseda University, Kyoto University, dan Keio University. Ini merupakan tur perkenalan studi untuk mengenal lebih jauh kampus dan dinamika studi di Negeri Sakura.Takeshi Yoshiwatari, seorang konsultan yang juga menjabat Vice President Director PT Fuji Staff Indonesia, di Jakarta, Senin (14/4/2014), menuturkan bahwa selain tur kampus, peserta juga akan diajak berwisata di Tokyo, Kyoto, Osaka, serta menikmati keindahan Gunung Fuji. Tur ... .
  • LATEST ARTICLE
  • 24/02/2009 (15:16)
    Prestasi dan Kreativitas Meningkatkan Mutu Siswa oleh: Dr.Sungkowo M Kegiatan-kegiatan kesiswaan yang meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), hingga ke Lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba Penelitian Ilmu Pengetahuan Remaja (LPIR), telah berjalan sesuai dengan program yang dicanangkan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, selama tahun 2008 ini. Semua kegiatan ini merupakan gambaran dari proses peningkatan mutu siswa melalui prestasi dan kreativitas. OSN, O2SN, dan FLS2N adalah bagian d ... .
© 05/2010. Primagama. All Rights Reserved