"Total Mendampingi Belajar Siswa"
   
     
 
 
 
 
Berita Pendidikan


05/04/2013 (15:05)
Mau Sukses UN, Intip Caranya...

Ujian nasional (UN) 2013 untuk jenjang SMA/SMK/MA akan digelar pada 15 April mendatang. Berbagai persiapan dilakukan para siswa agar dapat lulus pada UN kali ini. Namun, ada satu hal yang diingat, yaitu perbanyak latihan soal.

Pemerhati pendidikan, Saufi Sauniwati, mengatakan, belajar dengan menghafal materi saja tidak cukup ampuh untuk menaklukkan soal UN yang nanti diujikan. Untuk itu, siswa sebaiknya sering berlatih soal sesuai kisi-kisi UN yang ada sehingga memudahkan saat menjawab soal pada ujian sebenarnya.

"Banyak medianya, bisa lewat buku kumpulan latihan soal atau lewat portal yang menawarkan latihan soal UN atau dari bimbel juga bisa," kata Saufi.

"Yang terpenting, pilih buku kumpulan soal atau portal yang sesuai kisi-kisi UN resmi dan bisa digunakan untuk mengukur kemampuan dari jawaban soal yang ada," imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa banyaknya melakukan latihan soal jelang ujian itu terbukti mampu meningkatkan jembatan memori dalam otak. Yang artinya, makin sering seorang siswa berlatih soal UN, maka ingatan tentang soal UN dan bagaimana menjawabnya, juga bagaimana menganalisis kesalahannya akan terbentuk.

Tidak hanya itu, latihan soal ini juga bermanfaat bagi para guru. Pasalnya, guru dapat memetakan nilai siswa dan fokus pada siswa yang masih tertinggal.

Latihan soal ini juga bisa dipergunakan untuk memprediksi angka kelulusan sebuah sekolah, mengevaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM), membuat strategi pembelajaran baru bagi siswa, serta dapat digunakan orangtua untuk memprediksi kemampuan anak.


Sumber berita : http://edukasi.kompas.com/Mau.Sukses.UN.Intip.Caranya.


Dibaca: 493 kali.
| More


Cari Alamat Kantor Primagama seluruh Indonesia



  • LATEST RELEASE
  • 16/06/2014 (11:33)
    Dalam rangka menumbuhkan semangat berkompetisi akademis para siswa SD, SMP, SMA se-Indonesia, dan menghadirkan peta kompetensi para siswa secara nasional (rangking nasional), juga dalam rangka memperingati hari Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei serta semangat Hari Pahlawan 10 November, untuk ketiga kalinya kantor pusat Primagama mengadakan kegiatan bertajuk  KOMPETISI NASIONAL SMART PRIMAGAMA.Kegiatan ini menjadi agenda rutin kantor pusat Primagama yang melibatkan sekolah-sekolah di seluruh Indonesia melalui jaringan kantor cabang dan area Primagama di seluruh Indonesia, yang bertujuan ... .
  • LATEST NEWS
  • 21/10/2014 (10:40)
    Ujaran "Jokowi Presiden ke-7" dinilai eror. Demikian dikatakan dosen Matematika Institut Teknologi Bandung (ITB), Hendra Gunawan.Pernyataan Hendra tak berhubungan dengan sikap politiknya. Dia bukan bagian dari Jokowi haters. Dia hanya mengatakan bahwa pemilihan kalimat "Jokowi Presiden ke-7" tidak tepat."Menurut saya, istilah 'Presiden ke-7 RI' itu eror," demikian kicaunya lewat Twitter, Senin (20/10/2014).Menurut Hendra, pemilihan ujaran itu perlu dipertimbangkan lagi. Ujaran tersebut pun tidak salah total, tetapi harus melihat cara pencatatannya, apakah menurut orang atau periodenya. ... .
  • LATEST ARTICLE
  • 24/02/2009 (15:16)
    Prestasi dan Kreativitas Meningkatkan Mutu Siswa oleh: Dr.Sungkowo M Kegiatan-kegiatan kesiswaan yang meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), hingga ke Lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba Penelitian Ilmu Pengetahuan Remaja (LPIR), telah berjalan sesuai dengan program yang dicanangkan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, selama tahun 2008 ini. Semua kegiatan ini merupakan gambaran dari proses peningkatan mutu siswa melalui prestasi dan kreativitas. OSN, O2SN, dan FLS2N adalah bagian d ... .
© 05/2010. Primagama. All Rights Reserved