"Total Mendampingi Belajar Siswa"
   
     
 
 
 
 
Berita Pendidikan


05/04/2013 (15:05)
Mau Sukses UN, Intip Caranya...

Ujian nasional (UN) 2013 untuk jenjang SMA/SMK/MA akan digelar pada 15 April mendatang. Berbagai persiapan dilakukan para siswa agar dapat lulus pada UN kali ini. Namun, ada satu hal yang diingat, yaitu perbanyak latihan soal.

Pemerhati pendidikan, Saufi Sauniwati, mengatakan, belajar dengan menghafal materi saja tidak cukup ampuh untuk menaklukkan soal UN yang nanti diujikan. Untuk itu, siswa sebaiknya sering berlatih soal sesuai kisi-kisi UN yang ada sehingga memudahkan saat menjawab soal pada ujian sebenarnya.

"Banyak medianya, bisa lewat buku kumpulan latihan soal atau lewat portal yang menawarkan latihan soal UN atau dari bimbel juga bisa," kata Saufi.

"Yang terpenting, pilih buku kumpulan soal atau portal yang sesuai kisi-kisi UN resmi dan bisa digunakan untuk mengukur kemampuan dari jawaban soal yang ada," imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa banyaknya melakukan latihan soal jelang ujian itu terbukti mampu meningkatkan jembatan memori dalam otak. Yang artinya, makin sering seorang siswa berlatih soal UN, maka ingatan tentang soal UN dan bagaimana menjawabnya, juga bagaimana menganalisis kesalahannya akan terbentuk.

Tidak hanya itu, latihan soal ini juga bermanfaat bagi para guru. Pasalnya, guru dapat memetakan nilai siswa dan fokus pada siswa yang masih tertinggal.

Latihan soal ini juga bisa dipergunakan untuk memprediksi angka kelulusan sebuah sekolah, mengevaluasi kegiatan belajar mengajar (KBM), membuat strategi pembelajaran baru bagi siswa, serta dapat digunakan orangtua untuk memprediksi kemampuan anak.


Sumber berita : http://edukasi.kompas.com/Mau.Sukses.UN.Intip.Caranya.


Dibaca: 544 kali.
| More


Cari Alamat Kantor Primagama seluruh Indonesia



  • LATEST RELEASE
  • 27/02/2015 (11:55)
    Pada bulan ini, Primagama akan melaksanakan agenda nasional  yaitu RAKERNAS AKADEMIK. Tahun ini mengusung  tema  Penyiapan dan Penyusunan Sarbela Primagama 2015-2016.Rakernas tersebut Focus untuk  Penyiapan  Sarana Belajar Kurikulum 2013 dan Revisi Panduan Belajar Kurikulum  2006/KTSP semua jenjang. Adapun Kegiatan akan dilaksanakan Sabtu dan Minggu,  28 Februari 2015 sd 1 Maret 2015, pukul 08.00- selesai . Pada hari tersebut  seluruh utusan atau perwakilan Instruktur Smart Nasional dari semua wilayah Primagama di Indonesia berkumpul di Pusat Pengembanga ... .
  • LATEST NEWS
  • 27/02/2015 (11:20)
    MAKASSAR, Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, sebanyak 160 pendidik dari tujuh provinsi di Indonesia dilatih di Makassar. Pelatihan ini digelar selama tiga hari oleh Usaid Prioritas di Hotel Grand Clarion, Makassar mulai Kamis (26/2/2015).Pelatihan ini pun merupakan lanjutan program peningkatan mutu sekolah dalam mengimplementasikan praktik yang baik dalam pembelajaran dan manajemen berbasis sekolah (MBS). Adapun peserta pelatihan merupakan pendidik yang bakal menjadi fasilitator untuk mengikuti pelatihan tingkat nasional III SMP/MTs. 160 pendidik berasal dari tujuh provinsi mitra ... .
  • LATEST ARTICLE
  • 24/02/2009 (15:16)
    Prestasi dan Kreativitas Meningkatkan Mutu Siswa oleh: Dr.Sungkowo M Kegiatan-kegiatan kesiswaan yang meliputi Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), hingga ke Lomba Debat Bahasa Inggris dan Lomba Penelitian Ilmu Pengetahuan Remaja (LPIR), telah berjalan sesuai dengan program yang dicanangkan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, selama tahun 2008 ini. Semua kegiatan ini merupakan gambaran dari proses peningkatan mutu siswa melalui prestasi dan kreativitas. OSN, O2SN, dan FLS2N adalah bagian d ... .
© 05/2010. Primagama. All Rights Reserved