PRIMAGAMA GELAR LOMBA MATA PELAJARAN ONLINE TERBESAR DAN PERTAMA DI INDONESIA

Primagama membuktikan diri sebagai Lembaga Pendidikan berkualitas dan siap memenuhi tuntutan dunia pendidikan. Gelaran Final Kompetisi Nasional Smart Primagama (KNSP) 2016 yang bersifat online sebagai salah satu bukti bahwa Primagama juga siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Kompetisi rutin tahunan ini diikuti oleh siswa SD/MI dan SMP/MTs dari seluruh wilayah Indonesia. Rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara berjenjang dan dibagi menjadi tiga babak (Penyisihan, Semi Final dan Grand Final) tersebut, sudah mulai dilaksanakan sejak bulan April 2016 di seluruh wilayah Indonesia. Grand Final dilaksanakan tanggal 6 Nopember 2016 kemarin, diikuti oleh 1.597 siswa SD dan 2.003 siswa SMP. Mereka adalah peserta terbaik dari berbagai daerah yang telah tersaring dari babak penyisihan yang diikuti oleh 47.212 siswa SD dan SMP dari seluruh wilayah Indonesia.

Untuk siswa SD/MI, peserta diikuti mulai kelas 3 hingga kelas 6. Kompetisi tersebut melombakan tiga bidang studi yang diujikan secara nasional, yaitu Matematika, Sains dan Bahasa Indonesia, ditambah dengan soal antar ruang lingkup (tematik) sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini. Khusus untuk soal tematik, siswa disodori sebuah teks bacaan, dan diminta menjawab soal-soal dari berbagai bidang studi yang berhubungan dengan teks bacaan tersebut.

Sementara untuk tingkat SMP/MTs, peserta meliputi siswa kelas 7 hingga kelas 9. Materi yang dilombakan adalah Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA ditambah dengan materi IPA terpadu dari dua teks yang disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

“Ajang ini adalah pembuktian bahwa Primagama lebih siap mendampingi belajar siswa sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan saat ini,” Ujar Tasirin Almidy, ketua Panitia lomba Tingkat SMP. Sementara menanggapi tentang siswa SD/MI yang juga ikut serta dalam lomba online ini, Budi Santoso sebagai ketua pelaksaana tingkat SD/MI mengatakan, “Keikut-sertaan siswa SD/MI dalam lomba ini menunjukkan bahwa ujian online ini tidak bermasalah bagi mereka. Terbukti, ribuan siswa tersebut tidak mengalami kendala mulai awal hingga akhir kompetisi. Padahal lomba kali ini full online, melibatkan jaringan internet. Alhamdulillah semua lancar,” pungkasnya.

“Saya exciting banget ikut tes online seperti ini, selain baru pertama kali, setelah berhasil log-in, ternyata segala layanan akademik Primagama ada didalamnya. Gak nyesel deh bimbel di Primagama,” ujar Zizi, peserta dari Palembang.

Babak Grand Final KNSP CBT tersebut telah melahirkan juara sejati dari kompetisi yang berjenjang. Juara pertama tingkat SD/MI diraih oleh siswa dari Kecamatan Gorang-Gareng, Kabupaten Magetan, a.n FIRDANISA DHIYA R. Sedangkan Juara tingkat SMP/MTs diraih oleh IQBAL PEBRIANSYAH siswa dari Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.
Kompetisi ini secara lengkap memberikan penghargaan kepada 10 peserta terbaik pada masing-masing tingkat, sebagai berikut :

KATEGORI SD/MI

NAMA ASAL PREDIKAT
Firdanisa Dhiya R. Magetan, Jatim Juara 1
Rosma Dara Pangesti Pacitan, Jatim Juara 2
Mafazi Ikhwan Dhandi H. Jember, Jatim Juara 3
Ramadhan M. Gobel Kalimalang, Jaktim Juara Harapan 1
Lukman Hakim Tulungagung, Jatim Juara Harapan 2
Akmal Rafasya Dhamarie Jember, Jatim Peringkat 6
Raihan Raiszaki Mufroni Magetan, Jatim Peringkat 7
Davana Nico F. Karanganyar, Jateng Peringkat 8
Daffa Desra H. Cilangkap, Jaktim Peringkat 9
Muhammad Ghozi Al Jundy Mojokerto, Jatim Peringkat 10

KATEGORI SMP/MTs
NAMA ASAL PREDIKAT
Iqbal Pebriansyah Tabalong, Kalsel Juara 1
Nandagesta Aurelia Shafa Wagmi Jember, Jatim Juara 2
Ahmad Arsy Palembang, Sumsel Juara 3
Abdi Dwi Ramdani Tasikmalaya, Jabar Juara Harapan 1
Jayanti Totti Andhina Jember, Jatim Juara Harapan 2
Naufal Tsaqif Nayottama Cibubur, Jaktim Peringkat 6
Putri Endah Maharani Tasikmalaya, Jabar Peringkat 7
Achmad Daffa Rifqi Maretza Jember, Jatim Peringkat 8
Haikal Muhammad A. Tasikmalaya, Jabar Peringkat 9
Ahmad Hamdan Fitrodiansyah Jember, Jatim Peringkat 10

KNSP dengan sistem Computer Based Test memang membuktikan bahwa EMS Primagama, yang bisa diakses menggunakan SMARTPHONE maupun Komputer tersebut, sebagai layanan belajar online paling gress dari Primagama mampu diandalkan untuk menyelenggarakan Ujian berbasis komputer, baik skala kecil maupun skala besar. Walaupun pada prinsipnya fungsi EMS-Primagama tidak hanya untuk ujian online, karena di dalamnya juga terdapat Modul belajar Siswa Primagama, Soal-Soal Smart Excercise, Video Pembelajaran, Layanan Konsultasi Pemilihan Jurusan (Smart Consys). EMS Primagama dibangun pada prinsipnya untuk layanan belajar bagi siswa-siswi Primagama agar belajar maupun berlatih soal, tidak terbatas tempat dan waktu. Dengan demikian layanan Primagama tetap yang Terdepan Dalam Prestasi. (red)