4000 Siswa Ikuti Try Out SBMPTN 2017

Ketatnya persaingan masuk PTN, membuat ribuan siswa tertantang untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik. Hal itu terlihat dalam antusiasme siswa dalam Uji Coba SBMPTN 2017 yang didukung oleh Primagama hari minggu lalu.

Acara juga diisi dengan pembekalan oleh salah satu panitia Ujian Masuk Lokal, Bapak Yaman Umaran. Dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa ketentuan masuk perguruan tinggi yang baru belum keluar, namun diperkirakan tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya.

Menyikapi ketatnya persaingan tersebut, Primagama sudah menyiapkan siswanya menghadapi hal itu. Layanan Smart Consys (SC) Primagama, didesain khusus untuk membantu siswa Primagama memilih jurusan baik melalui SNMPTN maupun SBMPTN. Ketua Panitia, yang sekaligus Manajer Primagama Boyolali, Bayu Nugroho mengatakan,“Smart Consys Primagama sudah menggunakan data-data dari PTN, jadi adik-adik tidak pelu khawatir.”

Untuk membantu siswa yang ingin mempersiapkan diri masuk PTN, Primagama membuka Program Khusus Persiapan Masuk PTN 2017 (PIKSE). Siswa yang mengikuti PIKSE juga mendapatkan pendampingan Ujian Nasional, pendampingan pemilihan jurusan melalui SNMPTN, dan bisa mendapatkan bimbingan masuk STAN.

Kelebihannya lagi adalah, bimbingan dimulai lebih awal yaitu di bulan Februari 2017. Hal ini dimaksudkan agar penyerapan materi oleh siswa tidak terkesan dipaksakan. Dengan masa belajar yang lebih lama, lebih banyak materi yang diserap siswa.

Materi bimbingan di Primagama juga sudah disesuaikan dengan kebitihan siswa. “Materi Primagama lebih prediktif. Siswa terkadang bangga dengan soal-soal yang sulit. Padahal belum tentu yang sulit-sulit itu keluar dalam SBMPTN”, ujar Manajer Area Jateng 2, Budi Santoso.

Lebih lanjut dijelaskan selain penguasaan materi, yang tidak kalah penting adalah pemahaman siswa terhadap strategi dalam memilih jurusan. Karena pada dasarnya banyak hal yang tidak diketahui calon mahasiswa baru. Sebagai contoh, dasar pemilihan jurusan, pemilihan PTN, tentang nilai Kualifikasi minimal dan lain-lain. Itu semua akan didapatkan siswa dalam program PIKSE ini.

Mengenai SBMPTN dengan sistem CBT, siswa juga tidak perlu khawatir, Primagama juga memiliki E-Learning Management System (EMS), yang merupakan layanan paling baru dari Primagama agar siswa bisa berlatih tes dengan sistem CBT, baik UN, SBMPTN maupun ujian yang lain. (red)